Cara Mudah Memahami Tenses

Bagi pembelajar dimana bahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a foreign language) seperti di Indonesia, Tenses merupakan konsep yang jelimet, sangat susah dipahami. Bagi umumnya mereka, SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi yang telah dilalui, konsep ini tetap gelap gulita.
Pendekatan pembelajaran yang menekankan bentuk bahasa (language form) bisa jadi menjadi penyebabnya. Pembelajar dijejali konsep abstrak ini dengan cara yang abstrak pula(baca: jelimet) pula. Mereka harus menghapal pola kalimat dengan berbagai tenses yang katanya ada 8, 12, 16, 18, bahkan 22, tanpa tahu apa fungsinya.
Pembelajaran tenses sebenarnya bisa disederhanakan agar mudah memahaminya dengan menekankan pemahaman fungsi; sedangkan bentuk bahasa yang harus dihapal adalah yang paling sederhana. Berikut pemaparanya.
Tenses berarti WAKTU.
 Jadi tenses digunakan untuk menjelaskan aktivitas pada waktu-waktu tertentu.
Waktu itu ada 3: lampau(past), sekarang(present), dan yang akan datang(future), karena itu tenses juga hanya ada tiga yang mendasar, yaitu: past tense, present tense, dan future tense.
Hapalkan ini!
Past tense.     =lampau »kata kerja (verb) 2.
Present tense =sekarang» verb 1
Future tense.   =yang akan datang» Be going to +Inf (kata kerJa dasar, verb 1, yang belum ada
                             tambahan apapun.
Hapalkan juga:
Simple.    : kebiasaan, rutinitas, fakta
                 VERB1
Continues: sedang berlangsung
                 To be + VerbING
Perfect.   : ada rentang waktu; ingin
                 Mengatakan sudah, telah, belum,
                 Pernah.
                 Has/have + VERB3
Ada beberapa variasi dari ketiga tenses tersebut:
 

 


Dari bagan ini kita dengan mudah mengartikan dan melihat fungsi tenses ini.

Contoh 1: Present Continues Tense
Karena ‘Tense’ berarti waktu, ‘Present’ berarti pada saat ini, dan ‘continues’ berarti  sedang berlangsung; Present Continues Tense digunakan untuk menngatakan kejadian/aktivitas yang sedang berlangsung pada saat ini (saat kalimat itu diucapkan).
Contoh 2: Future Perfect Tense
Dari bagan diatas tenses ini digunakan untuk mengatakan kejadian/aktifitas yang dilakukan selama kurun waktu tertentu di masa datang. Misalnya, “I will have watched TV for two hours by ten o’clock tonight,” artinya malam ini akan nonton TV mulai jam 8, sehingga pada jam 10 saya akan sudah nonton selama 2 jam.
Dengan memahami arti dan fungsinya, anda akan menguasai tenses dengan mudah. Cobalah untuk mengartikan tenses tenses yang lainnya sendiri.
TENSES LEBIH DETAIL
A.      PRESENT
1.    The Simple Present Tense

Berdasarkan artinya sekarang anda tahu Tense artinya Waktu, Present artinya saat ini, Smple bisa diartikan kebiasaan, atau rutinitas. Jadi tenses ini digunakan untuk mengemukakan kegiatan/aktivitas rutin/kebiasaan pada saat ini. Tenses ini juga untuk mengemukakan fakta, atau hukum alam. Kata Present mengindikasikan verb 1 digunakan dalam tenses ini.

Kalau ada yang mengatakan,” I smoke,” artinya merokok itu kebiasaan saya saat ini. Saya tidak mengatakan saya sedang melakukannya. Orang yang berkata ini bisa jadi sedang membaca, atau nonton, tidak sambil merokok.
Kalimat positifnya  berpola subject+ Vi. Kalimat negatif/menyangkalnya cukup menambahkan do not sebelum kata kerja untuk subjek selain orang ketiga tunggal, dan does not untuk selain orang ketiga tunggal.

Contoh:
1. She teaches at SDN Sangkuriang. (+),  She does not teach at SDN Banjarsari  (rutinitas)
2. The sun sets in the West. (fakta/hukum alam)

2.    Present Continues Tense

 Present= saat ini berarti verbnya V1, Continues = sedang terjadi, berarti verbnya Ving. Karena Ving mengikuti to be, maka tubi yang digunakan  yaitu am, is, are diikuti dengan Ving (to be+Ving)
Fungsinya jelas untuk menggambarkan aktivitas yang SEDANG dilakukan pada saat ini (saat berbicara).
Contoh:  “She is reading a newspaper”
artinya saat ini, saat saya berbicara, dia sedang membaca surat khabar.

3.    Present Perfect  Tense

Present=sekarang (V1), perfect=selama rentang waktu tertentu (has/have +V3). Has/have sudah menjadi kata kerja(bantu) pertama (V1), jadi pola tenses ini adalah has/have+V3
Fungsinya untuk mengatakan activitas yang sudah dimulai sejak saat lalu dan masih dikerjakan, atau baru saja selesai pada saat saya berbicara.
Contoh: “The Baby has cried for one hour”
artinya bayi itu sudah mulai menangis satu jam yang lalu, dan pada saat ini masih menangis.
Tenses ini juga untuk mengatakan “sudah/telah, belum, pernah, etc”,

4.    Present Perfect Continues Tense
                    Present=sekarang (V1), perfect=selama rentang waktu tertentu (has/have +V3)  Continues(Ving)=sedang terjadi’  karenanya polanya adalah has/have(kata kerja bantu untuk perfect) +been(kata kerja ke 3/ to be untuk perfect) +Ving.
Jadi fungsi tenses ini untuk mengatakan sesuatu yang sudah dan sedang terjadi hingga saat berbicara atau baru saja selesai.
Contoh: “My father has been watching TV for two hours”
Artinya Ayah saya sudah mulai menonton dua jam yang lalu dan hingga saat ini, saat berbicara, ayah saya masih menonton.
B.      PAST
1.      Past Tense

Past= lampau, Verb yang digunakan adalah Verb2,
Tenses ini digunakan untuk mengatakan aktivitas yang dilakukan pada masa lalu. Yang disebut masa lalu adalah masa sebelum sekarang. Artinya satu detikpun yang sudah lewat disebut past sehingga harus menggunakan tenses ini.
Contoh: “Udin went to the market”
Artinya Udin pergi kepasar sudah dilakukan. Walaupun tidak ada penanda waktu, kalau menggunakan Verb2 artinya sudah terjadi. Kalimat negatifnya adalah did not +V1 dan kalimat bertanya adalah did + Subject+V1.

2.      Past Continues Tense

Apakah kegiatan yang sedang berlangsung bisa terjadi di masa lampau? jawabanya BISA. apabila saya tanya, ” Ibumu sedang apa waktu kamu datang dari sekolah kemarin sore?’, mungkin jawabannya, “sedang memasak.” dalam bahasa Inggris akan seperti ini: “My mother was cooking when I came home from school.” 
Past=lampau, verb yang digunakan Verb2, Continues=sedang berlangsung (Ving), jadi polanya to be past/was,were +Ving.

3.      Past Perfect Tense

“Sudah berapa tahun kakak kamu kuliah di ITB ketika meninggal karena kecelakaan lalu lintas?” kalau ada pertanyaan seperti itu, mungkin jawabanya. Waktu itu sudah belajar selama dua tahun. Dalam bahasa Inggris, kalimatnya akan seperti ini: “My brother had studied at ITB for two years when he passed away.”
Past Perfect Tense digunakan untuk mengatakan kegiatan/kejadian yang berlangsung selama kurun waktu tertentu pada masa lampau. Past=, terjadi masa lampau, V2; Perfect=terjadi selama kurun waktu tertentu. Karena kata kerja kedua untuk perfect has/have adalah had maka polanya had+V3.

4.      Past Perfect Continues Tense
Tenses ini hanya sedikit berbeda, karenanya biar tidak binggung anggap saja sama fungsinya. Bedanya hanya “continues”=Ving.

C.      FUTURE

1.      Future Tense

Future digunakan untuk mengatakan aktivitas yang akan dilakukan  pada waktu yang akan datang. Dalam bahassa Indonesia, kalau ingin mengatakan,”Ibu akan ke supermarket sore ini,” dalam bahasa Inggris menjadi: “Mother will go to the supermarket this afternoon,”
Future=akan=will+infinitive.Kalimat negatifnya hanya menambahkan  not setelah will. Kalimat bertanyanya hanya dengan menyimpan will di awal kalimat (will+subject+inf)

2.      Future Continues Tense

Seperti biasa, mungkin sekarang anda semakin terampil mengartikan istilahnya. Future =yang akan datang,Continues artinya sedang berlangsung, jadi Future Continues digunakan untuk mengatakn kegiatan yang akan sedang berlangsung pada waktu nanti.Anda juga akan semakin terampil memahami pola kalimatnya. Kalau ada yang bertanya: “Nanti malam jam 9 kamu akan sedang mengerjakan apa?” mungkin jawabannya, “Jam 9 malam ini saya akan sedang nonton bola.” Dalam bahasa Inggris, kalimatnya menjadi: “I will be watching a football match on TV.” Kalimat negatifnya tinggal menambahkan not setelah “will“.

3.      Future Perfect Tense

Tenses ini digunakan untuk mengatakan kegiatan yang aka sudah berlangsung selama kurun waktu tertentu pada saat nanti. Kalau ada pertanyaan: “Kamu akan sudah nungguin aku berapa lama nanti malam kalau saya jemput kamu jam 8?” Mungkin jawabannya akan begini: “Saya akan sudah nunggin kamu selama 1 jam.” Dalam bahasa Inggris akan menjadi ini kalimatnya: “I will have waited for you for one hour.”
Future, akan datang, will; Perfect=sudah berlangsung selama kurun waktu tertentu, have + V3.

4.      Future Perfect Continues Tense

Tenses ini hampir sama dengan Future Perfect. Mungkin anda sudah bisa memahami pola kalimat dan fungsinya karena ini yang terakhir.

One response to “Cara Mudah Memahami Tenses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s